Tesis

Kajian penggunaan warfarin pada pasien pascabedah katup jantung mekanik di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RS JPDHK) = Study of warfarin use after mechanical heart valve replacement at National Cardiac Center “Harapan Kita” Hospital.

Latar Belakang: Antikoagulan warfarin dipakai seumur hidup pada pasien pascabedah katup jantung mekanik karena memiliki risiko tromboemboli. Dosis warfarin berlebih (nilai international normalized ratio/INR di atas rentang target optimum) menimbulkan efek samping perdarahan, sedangkan dosis warfarin kurang (nilai INR di bawah rentang target optimum) menimbulkan tromboemboli. Nilai INR optimum berbagai ras dan suku berbedabeda. Di RS JPDHK belum pernah dilakukan studi mengenai penggunaan warfarin dan target INR optimum, padahal jumlah pasien pascabedah katup jantung mekanik semakin meningkat dari 411 pasien pada tahun 2011 menjadi 685 pasien pada tahun 2016. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui frekuensi efek samping perdarahan dan tromboemboli pada pasien tersebut, nilai INR optimum dan kemungkinan adanya interaksi warfarin dengan obat lain. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif yang diambil dari rekam medik RS JPDHK. Data frekuensi perdarahan dan tromboemboli diambil dari semua pasien yang mendapatkan terapi warfarin pascabedah katup jantung mekanik tahun 2011. Nilai INR, dosis warfarin dan kemungkinan interaksi warfarin dievaluasi pada 30 pasien perdarahan, 30 pasien tromboemboli dan 30 pasien yang tidak mengalami komplikasi melalui data rekam medik pasien bedah katup jantung mekanik sebelum tahun 2017. Hasil: Jumlah pasien yang menjalani bedah katup jantung mekanik tahun 2011 adalah 43 dan didapatkan frekuensi perdarahan mayor 11 pasien (25,6%), perdarahan minor 5 pasien (11,6%) serta tromboemboli 10 pasien (23,3%). Terdapat perbedaan bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Tulus Satriasih - Nama Orang
Bambang Budi Siswanto - Nama Orang
Instiaty - Nama Orang
Rianto Setiabudy - Nama Orang

No. Panggil
T17370fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Farmakologi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xvii, 52 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17370FKT17370fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kajian penggunaan warfarin pada pasien pascabedah katup jantung mekanik di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RS JPDHK) = Study of warfarin use after mechanical heart valve replacement at National Cardiac Center “Harapan Kita” Hospital.

Related Collection